Ziarah Haji Tahunan: Melihat Ritual



MECCA (AFP) - Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekah di Arab Saudi untuk ibadah haji tahunan akan mengambil bagian dalam ritual berikut:

FASE PERTAMA
- Ihram: Untuk umat Muslim, haji dimulai dengan mengenakan pakaian khusus. Untuk pria, ini adalah pakaian mulus putih dua potong; perempuan mengenakan pakaian longgar, umumnya putih, dengan hanya wajah dan tangan yang terbuka.

Selama periode ini, para peziarah harus menjauhkan diri dari seks dan bertengkar, tidak menggunakan parfum dan tidak memotong rambut atau kuku mereka.

- Tawaf: Suatu ketika di Mekah, para peziarah melakukan Tawaf, atau berkeliling, tujuh kali berlawanan arah jarum jam, mengelilingi Ka'bah, sebuah kubus batu hitam di tengah-tengah Masjidil Haram.

- Sa'i: Peziarah lalu berjalan tujuh kali di antara dua titik batu di masjid, meniru pencarian air oleh istri Ibrahim Hajar. Menurut teks agama, Hajar mencari air untuk putranya yang masih kecil, Ismael, di gurun yang panas ketika dia menemukan air di sumur Zamzam pada percobaan ketujuhnya.

Ritual ini dianggap umrah, atau ziarah yang lebih rendah, dan datang menjelang ritual utama haji ketika peziarah menuju ke Mina, sekitar 5 km timur Masjidil Haram.

GUNUNG ARAFAT
Keesokan harinya, para peziarah berkumpul di bukit yang dikenal sebagai Jabal al-Rahma (Gunung Belas) dan dataran Arafat di sekitarnya, 10km tenggara Mina, di mana mereka tinggal sampai malam untuk berdoa dan membaca Alquran.

Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya dari Gunung Arafat kepada umat Islam yang menemaninya di haji terakhirnya, menurut Islam.

Umroh Hemat Dan Menyenangkan Dengan Umroh Murah Jakarta

STONING THE 'DEVIL'
Setelah matahari terbenam, para peziarah pergi ke Muzdalifah, setengah jalan antara Arafah dan Mina, di mana mereka tinggal setidaknya sampai tengah malam.

Mereka mengumpulkan kerikil untuk melakukan "rajam iblis" simbolis pada malam perayaan Idul Adha, yang menandai akhir haji.

Pada awal Idul Adha, para peziarah kembali ke Mina untuk pertama dari tiga ritual rajam harian.

Secara tradisional, tujuh kerikil dilemparkan ke sebuah tiang yang mewakili iblis, meniru tindakan Abraham.
Sejak 2004, pos telah diganti dengan dinding untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah peziarah. Pada 2015, penyerbuan di situs itu menyebabkan 2.300 orang tewas.

Setelah rajam pertama, domba-domba disembelih dan dagingnya dibagikan kepada orang-orang Muslim yang membutuhkan, melambangkan kesediaan Abraham untuk mengorbankan putranya, Ismael, atas perintah Tuhan, yang menyediakan seekor domba di tempat anak laki-laki itu pada saat-saat terakhir.

Laki-laki kemudian mencukur kepala mereka atau memangkas rambut mereka sementara perempuan memotong ujung jari-jari mereka. Setelah itu, mereka bisa mengakhiri ihram dan berganti pakaian normal.

Peziarah kembali ke Masjidil Haram di Mekkah, mengelilingi tujuh kali mengelilingi Kabah, dan kembali melakukan Sa'i.

Mereka kemudian kembali ke Mina untuk melanjutkan ritual rajam selama dua atau tiga hari lagi.

Akhirnya, mereka kembali ke Masjidil Haram, mengelilingi Ka'bah tujuh kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Hal Ini Bikin Jemaah Puas dengan Pelayanan Haji Tahun Ini

Berita Palembang : SIW Diklaim Ditahan Atas Kasus Penipuan Umroh, Ini Kata Penyidik Polda Sumsel

Mie Ayam Jamur Spesial, Makanan Andalan DI Mie Ayam Mahmud