Era Anies, 167 Marbot Bakal Diberangkatkan Umroh


Umroh Berkualitas Dengan Umroh Murah di Jakarta
Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menerima dana hibah Rp18,88 miliar dari Pemerintah Provinsi 
DKI Jakarta menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.
Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Provinsi DKI Jakarta, Jafar Abdul Malik menjelaskan bahwa dana hibah kepada DMI diberikan untuk keperluan 3.148 masjid dan memberangkatkan 167 marbot umroh. Dana itu belum termasuk dengan biaya rehab masjid.
"Berbeda dengan hibah rehab, karena ini pertama ada usulan dari anggota dewan komisi E penambahahan program umroh (167 marbot), kan ada 267 (kelurahan di Jakarta) sehingga dengan demikian ada perwakilan masing - masing kelurahan," kata Jafar saat dihubungi AKURAT.CO, Rabu (12/9).
Selain untuk biaya umroh para marbot masjid, dana tersebut juga bakal digunakan untuk biaya operasional seperti pembayaran telepon, air dan listrik yang tidak hanya dialokasikan pada 3.148 masjid, tapi juga dialokasiskan untuk keperluan 1.000 musala yang terhimpun di dalam organisasi DMI.
Jafar mengatakan, untuk biaya operasinal per masjid akan diberikan setiap empat bulan sekali dengan nominal Rp5 juta, sedangkan musala Rp2,5 juta.
"Selama empat bulan itu akan diberikan bantuan sebesar Rp5 juta. Sehingga kalkulasinya per bulan per masjid satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah," tuturnya. 
Sebelumnya, usulan hibah untuk Dewan Masjid Indonesia ini mendapat sorotan dari DPRD DKI Jakarta.  Salah satu pimpinan Badan Anggaran Mohammad Taufik mempertanyakan perbedaan DMI dan masjid, menurut Taufik DMI adalah organisasi sedangkan masjid adalah rumah ibadah. 
Dari pengertian tersebut ia mengira bantuan hibah DMI sama dengan bantuan hibah rehab masjid. "Bedanya apa DMI sama masjid, DMI kan organisasinya, ini ada juga usulan rehab masjid dan tempat ibadah," kata Taufik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Hal Ini Bikin Jemaah Puas dengan Pelayanan Haji Tahun Ini

Berita Palembang : SIW Diklaim Ditahan Atas Kasus Penipuan Umroh, Ini Kata Penyidik Polda Sumsel

Mie Ayam Jamur Spesial, Makanan Andalan DI Mie Ayam Mahmud